Selasa, 08 September 2015

Jenis dan Cara Memilih Termos


Termos, merupakan botol dengan dinding yang bentuknya seperti kaca mengkilap dimana di dalam botol ini kita dapat menyimpan cairan dengan suhu yang terjaga. Biasanya, botol yang mampu menjaga suhu ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyimpan air panas. Alasan kenapa air tersebut bisa tetap panas adalah karena kaca yang digunakan dalam dindingnya tersebut tidak membuat kalor atau suhu panasnya cepat berpindah.  Menurut sejarahnya, botol ajaib ini pertama kali dibuat pada tahun 1902.

Termos saat ini dibagi ke dalam beberapa jenis, sesuai dengan fungsinya. Ada termos penyimpan air panas, es, bahkan ada untuk penyimpan nasi. Adanya alat ini juga memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya karena kita tidak perlu memanaskan air atau nasi berkali-kali dan es yang terjaga agar tetap memebeku saja. Alat ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis dimana ada ukuran tertentu yang membuat kita mudah membawanya kemana-mana. Di era modern seperti saat ini, termos yang mudah dibawa kemana-mana tersebut bentuknya juga dibuat dengan lebih unik dan menarik. Terdapat dalam berbagai pilihan warna hingga desain yang bisa Anda sesuaikan dengan usia. Anda bisa membawa kopi atau susu panas yang dibuat di rumah dan membawanya ke kantor dengan suhu yang tetap terjaga dengan termos air yang bisa Anda masukkan ke dalam tas.

Termos air panas baik besar maupun kecil diketahui mampu menyimpan dan mempertahankan panas hingga 12 jam. Tentu saja Anda harus menjaga ketahanan ini dengan menutupnya serapat mungkin. Pastikan, ketika membeli, Anda memilih yang dalamnya terbuat dari kaca bukan plastik atau logam yang akan membuat panas cepat turun. Begitu juga untuk bagian tutupnya, pastikan memilih yang rapat ketika Anda tutup agar suhu tidak cepat turun.

Kemudian, untuk termos es yang digunakan untuk menjaga suhu agar tetap dingin. Alat ini sendiri tidak hanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai tempat penyimpanan es atau daging saja. Bagi dunia kesehatan dan medis, alat tini juga dijadikan tempat menyimpan alat-alat medis tersebut agar tetap steril. Agar suhu dingin tetap terjaga, bongkah es juga sebaiknya di simpan dalam wadah pendingin ini.  Ketika membeli, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu yang paling terkenal di tempat jual termos adalah untuk penyimpan nasi. Jenis yang satu ini tentu berbeda dengan tempat penyimpanan air. Bahannya berupa alumunium atau plastik dengan ukuran kecil hingga besar. Berbeda dengan air yang dapat bertahan hingga 12 jam, untuk nasi hanya sampai nasi siap santap saja. Untuk termos satu ini, pastikan memilih ukuran yang sesuai kebutuhan dengan kostruksi kuat dan memiliki pegangan untuk memudahkan penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar